5 Tips Traveling Bareng Rombongan Biar Enggak Banyak Drama

5 Tips Traveling Bareng Rombongan Biar Enggak Banyak Drama

5 Tips Traveling Bareng Rombongan Biar Enggak Banyak Drama

5 Tips Traveling Bareng Rombongan Biar Enggak Banyak Drama

Traveling bersama rombongan, entah itu teman atau keluarga, bisa jadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan. Kamu bisa menikmati momen santai dan destinasi wisata bareng orang-orang terdekat, lebih ramai dan seru.

Namun, traveling bersama rombongan juga bisa menimbulkan drama jika tidak direncanakan dengan baik. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dan disepakati bersama, mulai dari anggaran, transportasi, penginapan, hingga itinerary. Jika tidak ada kesepakatan yang jelas dan adil, bisa-bisa liburanmu malah jadi ribet dan menyebalkan.

Oleh karena itu, sebelum kamu berangkat traveling bareng rombongan, ada baiknya kamu simak tips-tips berikut agar liburanmu berjalan lancar dan seru.

1. Pilih Ketua kelompok

Meski acaranya seru-seruan, memilih ketua kelompok tetap penting lho. Pergi bersama rombongan nggak bisa sebebas saat liburan sendiri. Ada kepentingan bersama yang harus dipikirkan dan menghargai kebutuhan tiap-tiap anggota.

Makanya peran ketua kelompok penting banget nih. Mulai dari membuat grup obrolan WhatsApp misalnya, tanpa ketua kelompok maka diskusi akan berjalan tanpa arah. Fungsi ketua ini banyak banget, mengkoordinir acara, mengawal tiap diskusi, sampai mengambil keputusan saat tiap anggota memiliki pendapat yang berbeda-beda.

2. Usahakan selalu mengambil keputusan lewat musyawarah

Karena kegiatan selama berlibur akan melibatkan kepentingan banyak orang, usahakan selalu mengambil keputusan lewat musyawarah. Dengarkan pendapat tiap anggota dan pertimbangkan baik-buruknya.

Musyawarah harus menghasilkan satu jalan tengah yang menyamankan semua anggota, biar liburan berjalan lebih nyaman dan seru.

3. Buat kesepakatan soal pembagian tugas dan waktu

Agar setiap anggota merasa ikut andil dalam kegiatan liburan ini, buat kesepakatan soal pembagian tugas dan waktu. Tunjuk satu orang sebagai ketua, satu bendahara, satu lagi yang mengurus tiket masuk wisata dan bagian-bagian lain yang dibutuhkan kelompok.

Jangan puas cuma jadi anggota kelompok yang terima jadi semua susunan acara. Jika semua anggota berpartisipasi, kerja tim jadi lebih kompak dan liburan berjalan makin seru.

Selain tugas, tentukan juga kesepakatan waktu selama liburan. Selipkan waktu bebas di mana tiap anggota boleh pergi sendirian, nggak semua keseruan ingin dilakukan bersama kelompok kan?

4. Maksimalkan peluang diskon

Setelah membagi tugas, saatnya mematangkan persiapan liburan di segala aspek. Jangan lupa maksimalkan tawaran diskon yang kini makin banyak dan beragam jenisnya. Mulai dari penginapan, transportasi, bahkan sampai tiket masuk tempat wisata.

Tunjuk satu anggota kelompok yang paling doyan berburu diskon untuk mengurus hal ini. Biasanya untuk rombongan berlaku diskon yang lebih besar, khususnya tiket penerbangan dan karcis masuk tempat wisata. Rajin-rajinlah memantau promo, lumayan lho potongannya bisa dialihkan ke anggaran belanja oleh-oleh.

5. Masukkan acara hiburan kelompok dalam itinerary

Menyiapkan liburan memang lebih enak dengan membuat itinerary. Itinerary adalah rencana perjalanan yang mencakup tujuan wisata apa saja yang akan dikunjungi beserta durasi kunjungan di setiap tempatnya.

Selain itu, itinerary juga bisa mencantumkan acara hiburan kelompok yang bisa menambah keseruan liburanmu. Misalnya saja karaoke bersama di malam hari atau main game tebak-tebakan di penginapan.

Acara hiburan kelompok ini bisa menjadi sarana untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas di luar serta mempererat hubungan antara anggota kelompok.

Itulah 5 tips traveling bareng rombongan biar enggak banyak drama yang bisa kamu terapkan saat merencanakan liburanmu bersama teman atau keluarga. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *